Osu! Permainan Video Ritme gratis berbasis Musik


Osu! adalah permainan video ritme gratis berbasis musik yang dikembangkan oleh Dean Herbert. Awalnya hanya tersedia di Microsoft Windows saja, tapi juga telah merambah ke aplikasi OS X, iOS, Android, dan Windows Phone. osu! ditulis dalam Bahasa C# pada .NET Framework. Permainan ini hampir serupa dengan permainan musik lainnya termasuk Osu! Tatakae! Ouendan, Elite Beat Agents, Taiko no Tatsujin, beatmania IIDX, O2Jam, dan DJMax.


Pada osu! pemain harus menggunakan tetikus untuk menggeserkan kursor kearah detak dan mengklik detak tersebut sesuai irama yang ada pada lagu. Namun, selain dengan klik, pemain juga bisa menggunakan tombol pada keyboard (standarnya adalah Z dan X) sebagai penggantinya.


Terdapat 4 mode dalam permainan ini yaitu Standard, Taiko, Catch The Beat dan Osu! Mania.


Sistem permainan

Tingkatan permainan dikenal sebagai beatmap. Dalam setiap beatmap, lagu akan memainkan elemen yang berbeda (hit circle, slider dan spinners) pada papan permainan. Pemain harus menggunakan perangkat penunjuk untuk memanipulasi elemen-elemen ini dalam waktu dan irama yang tepat berdasarkan lagu yang diputar dalam rangka untuk mendapatkan poin. Tetapi beatmap juga dapat ditambah dengan gambar dasar atau video, bahkan dengan alur cerita.

Perangkat yang paling populer adalah tetikus, tetapi pemain dapat menggunakan kombinasi perangkat lain untuk mempermudahnya seperti tablet grafik dan tombol keyboard.


Kesulitan

Ada lima kesulitan standar yang ditetapkan melalui osu! seperti Easy, Normal, Hard, Insane, dan Expert (umumnya dikenal sebagai Another atau Extra). Ada juga Marathon tag yang berarti lagu ditandai dengan waktu lima menit, dan "TAG2/TAG3/TAG4" yang berarti lagu yang harus dimainkan oleh dua, tiga, atau empat orang dalam keadaan berputar. Pencipta konten, pembuat beatmap juga dapat memberikan nama mereka sendiri untuk kesulitan mereka.

Tujuan

Tujuan utama ketika bermain osu! hanya untuk mengenai semua lingkaran sambil menjaga bar kesehatan agar tetap diatas 0 hingga lagu selesai. Sedangkan untuk pemain yang berpengalaman biasanya memiliki tujuan yang lebih sulit, yaitu mendapatkan skor tinggi, kombo, maupun penghargaan.

Elemen

Hit Circle
Hit circle adalah lingkaran warna berangka yang memiliki garis luar serta mendekati lingkaran tersebut (Approach circle). Pada saat approach circle tepat pada lingkaran itulah pemain harus menekan hit circle tersebut.

Slider

Slider adalah gabungan dari dua hit circle yang dihubungkan oleh sebuah jalur. Pada slider saat approach circle mendekati hit circle pertama pemain harus menekan slider yang lalu ditahan dan digeser menuju hit circle selanjutnya melalui jalur yang ada.

Spinner

Spinner adalah sebuah lingkaran yang besar yang menempati seluruh layar. Pada spinner pemain harus menekan dan memutarkan tetikusnya agar lingkaran itu berputar hingga ada tulisan Clear pada tengah lingkaran.

Kunjungi Situs Resmi nya : Osu! | Osu! Web Baru

Sumber : Wikipedia

Artikel Terkait

Osu! Permainan Video Ritme gratis berbasis Musik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email